Welcome to my blog

Thanks sobat... atas kunjuangannya di:"Kembali Piknik"....catatan kecil perjalanan traveling & touring kami ... melihat lebih dekat pesona keindahan alam ....!!!!

Sabtu, 21 Januari 2023

Yuk Gaess...Rutin Bersepeda!!!

Oleh: Winarto

Heloo gaess... ada yang masih males berolah raga karena lelah capek?? sebaiknya kebiasaan ini harus segera diubah. Kita harus membiasakan diri dengan berolah raga. Mengapa demikian?? Karena olah raga membuat tubuh kita menjadi lebih segar, sehat dan fresh. Sementara otak dan pikiran menjadi lebih segar pula. So... olah raga apa saja yang cocok untuk kita lakukan?

Olah raga merupakan aktivitas yang sangat penting, karena untuk memberikan keseimbangan dalam hidup kita, di mana sebagian besar kita berkecimpung dalam rutinitas yang jarang gerak. Dan juga kita disibukkan dengan pekerjaan yang semakin ketat dan padat, sehingga tubuh kita menjadi jarang gerak. Dan hal ini tentunya menjadi kurang baik untuk perkembangan kesehatan tubuh kita.

Salah satu olah raga yang menarik adalah dengan bersepeda atau cycling. Olah raga ini cocok untuk segala umur.  Bersepeda merupakan salah satu pilihan olahraga yang praktis dan mudah dilakukan. Hal inilah yang menjadikan sepeda sebagai olahraga favorit berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Banyak manfaat yang kita dapatkan dari bersepeda ini. Berikut ini manfaat bersepeda bagi tubuh kita:

1. Mengendalikan berat badan. Mengapa demikian? Karena Olahraga bersepeda ini mampu meningkatkan metabolisme, membangun otot, serta membakar lemak tubuh.

2. Menghindari penyakit DIABETES. Bersepeda secara rutin merupakan salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk mengurangi risiko dan mengelola kondisi diabetes. Menghindari gaya hidup yang malas bergerak, salah satunya dengan bersepeda lebih dari 30 menit per hari bisa membantu kita menurunkan risiko terkena diabetes dan penyakit lainnya

3. Merawat Persendian Tubuh. Dr. Safran-Norton dari Harvard Health Publishing menyarankan bersepeda untuk penderita nyeri sendi dan kekakuan tubuh bagian bawah yang berkaitan dengan usia. Olahraga ini tetap bisa Kita lakukan dengan intensitas sedang hingga tinggi, tanpa khawatir membebani sendi. Saat duduk pada jok sepeda, Kita akan meletakkan beban pada sepasang tulang panggul yang disebut tuberositas iskia. Bersepeda berbeda dengan berjalan atau jogging di mana Kita lebih banyak meletakkan beban pada kaki sehingga lebih rentan memicu cedera.

4. Mengurangi atau Mencegah Penyakit Parkinson. Manfaat bersepeda salah satunya menangkal berbagai penyakit, termasuk penyakit Parkinson. Journal of the American Medical Association menerbitkan sebuah studi untuk meneliti hubungan antara aktivitas fisik pada tingkatan tertentu dengan risiko penyakit Parkinson. Berolahraga dengan intensitas sedang hingga tinggi mampu menurunkan risiko penyakit Parkinson pada pria. Berdasarkan hal ini Anda tentunya harus menyesuaikan kecepatan, durasi, dan jarak tempuh untuk membantu Anda mengurangi risiko penyakit ini.

5. Memperpanjang Usia. Olahraga intensitas tinggi yang bisa Anda peroleh dengan bersepeda memiliki manfaat untuk mencegah penuaan hingga ke tingkat sel. Aktivitas fisik berat mampu meningkatkan kapasitas dan fungsi mitokondria sehingga membuat Anda lebih awet muda. Melakukan olahraga rutin juga bisa mengurangi risiko kematian dini, sekaligus memperpanjang usia. Survei terhadap pesepeda Tour de France menyebutkan usia mantan pesepeda rata-rata hingga 81,5 tahun, lebih tinggi 17 persen dari rata-rata populasi umum yang hanya 73,5 tahun.

Jadi tunggu apalagi gaess... yuk rajin dan rutin berolah raga, khususnya bersepeda...agar tubuh kita tetap sehat dan bugar. Bersepeda juga dapat kita jadikan sebagai wisata yang sangat murah meriah...

Salam sehaat....see you....

Referensi: hellosehat.com



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuuk... Ngetrip di Kulon Progo!!!

Oleh Winarto Sobat semua yang gokil abiiz... yuk wisata dan ngetrip di Kulon Progo!!!! Destinasi wiasata alamnya okey lhoh.... indah dan m...