Welcome to my blog

Thanks sobat... atas kunjuangannya di:"Kembali Piknik"....catatan kecil perjalanan traveling & touring kami ... melihat lebih dekat pesona keindahan alam ....!!!!

Sabtu, 04 Februari 2023

Healing di Pantai Klayar

Oleh: Winarto

Sobat semua...spot wisata yang satu ini sangat menggoda? Di mana hayo....???? Ya Pantai Klayar. Lokasinya aberada di daerah Pacitan, Jawa Timur. Akses untuk mencapai lokasi sangat mudah dan di sepanjang perjalanan kita akan disuguhi dengan panorama keindahan alam yang sangat luar biasa.

Kali ini kami ...5 team mencoba untuk mengeksplore keindahan Pantai Klayar. Barangkat dari Jogja, tepatnya dari Wates, Kulon Progo sore hari, menjelang ashar. Dan memang ternyata membutuhkan waktu yang cukup banyak, sehingga sampai lokasi sekitar pukul 22.00 WIB.

Rute yang kami ambil yaitu dari Wates menuju Mangunan Bantul, melewati jembatan panjang di daerah srandakan gaes. Lanjut terus menuju Wonosari. Di daerah mangunan menyempatkan sejenak, berhenti mengisi amunisi perut agar tidak masuk angin. Samapi perbatasan wonosari wonogiri hari sudah menjelang magrib. Dan perjalanan terus dilanjutkan dengan bantuan google map.

Kami memimilih salah satu penginapan, yang lokasinya berada di ujung timur pantai klayar. Harga per kamar Rp 150.000,- kamar mandi dalam. Letaknya sangat strategis, karena di depan penginapan sudah merupakan spot pantai yang memiliki panorama keindahan yang sangat luar biasa.

Kata klayar yang dipakai sebagai nama untuk Pantai Klayar bermula dari adanya kisah masa lampau yang terjadi di pantai ini. Menurut beberapa referensi, setidaknya ada dua sebab yang membuat kata klayar akhirnya dipilih sebagai namanya.

Yang pertama adalah di pantai ini dahulu (menurut cerita dari masyarakat sekitar) ada sebuah perahu yang terdampar di pinggir pantai setelah berjuang menghadapi ganasnya gelombang di tengah lautan.

Kata klayar sebenarnya diambil dari istilah “glayar” (dalam bahasa Jawa) yang merujuk pada kondisi perahu yang terombang-ambing saat dihantam gelombang air laut sebelum akhirnya terdampar di pantai. Jadi dulu pantai ini dikenal dengan sebutan Pantai “Glayar”, yang sekarang berubah menjadi Pantai Klayar.

Yang kedua adalah kata klayar merupakan singkatan dari istilah “klayar-kluyur” (dalam bahasa Jawa) yang artinya jalan-jalan. Jadi pantai ini memang sudah sering dijadikan sebagai tempat jalan-jalan oleh para penduduk yang bermukim di sekitaran pantai. Kemudian Lama kelamaan, dengan sendirinya masyarakat pun menggunakan istilah klayar ini sebagai nama Pantai Klay

Pantai Klayar menyimpan banyak keindahan yang unik. Keindahan yang pengunjung bisa menikmati, yaitu pasir putih, karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, Air Terjun, dan batu karang yang indah. Suara deburan ombaknya yang menghantam batu karang, suaranya mirip dengan seruling bambu yang ditiup

Related Post:

  1. Kabut Kintamani Bali
  2. Udah Tahu gaess... telaga Cebong??
  3. Bagaimana Road Trip Kita Aman??
  4. Pesona Wadaslindan & Taman Padegolan
  5. Tol Kayangan... Ciamik Habiizz
  6. Indahnya Pantai Glagah



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuuk... Ngetrip di Kulon Progo!!!

Oleh Winarto Sobat semua yang gokil abiiz... yuk wisata dan ngetrip di Kulon Progo!!!! Destinasi wiasata alamnya okey lhoh.... indah dan m...