Welcome to my blog

Thanks sobat... atas kunjuangannya di:"Kembali Piknik"....catatan kecil perjalanan traveling & touring kami ... melihat lebih dekat pesona keindahan alam ....!!!!

Selasa, 07 November 2023

Yuuk... Ngetrip di Kulon Progo!!!

Oleh Winarto

Sobat semua yang gokil abiiz... yuk wisata dan ngetrip di Kulon Progo!!!! Destinasi wiasata alamnya okey lhoh.... indah dan menarik.  Kulon Progo merupakan salah satu kabuaten yan ada di D.I. Yogyakarta, terkenal dengan destinasi wisata alamnya, diantaranya wisata pantai, wisata gunung dan wisata kuliner. Untuk bisa menikmati berbagai spot wisata tersebut tentunya dibutuhkan tips atau strategi, agar perjalan wisata kita efektif. berikut ini beberpa spot wisata yang dapat dipilih, so... spot mana saja yang harus dikunjungi...dimulai dari mana saja? Apabila sobat semua ingin berwisata alam di Kulon Progo. Maka spot berikut ini dapat dijadikan list untuk tujuan wisata Anda..

1. Wisata pantai Glagah Indah. 

Sot wisata ini merupakan spot pertama yang dapat sobat semua pilih dan dijadikan sebagai tujuan wisata,. Sebaiknya berkunjung di waktu pagi, udaranya masih sejuk tidak panas dan juga agar spot berikutnya bisa terjangkau waktunya. Pantai Glagah Indah tepatnya berada di Desa Glagah, Kapanewon Temon, Kabupaten Kulon Progo. Letaknya kurang lebih 12 kilometer dari pusat Kota Wates. Tiket Masuk sebesar Rp 6.000,- per orang dengan tarif parkir Rp 10.000,-untuk mobil, Rp 3.000,- untuk sepeda motor dan Rp 20.000,- untuk BUS. Di spot ini sobat semua bisa menikmati hamparan pasir hitam, ombak laut yang sangat indah, bermain ATV dan juga wisata perahu.

Bagi sobat semua yang hobby kuliner.... di sepanjang pantai juga banyak dijajakan aneka makanan dan minuman dengan harga yang terjangkau. Makanan khas Kulon Progo dengan cita rasa yang sangat enak. Kita bisa menikmati secangkir kopi panas beserta camilannya sambil menikmati indahnya pemandangan pantai.

Selain wisata kuliner sobat semua bisa njanjal wisata perahu...beramai-ramai berkeliling di laguna glagah indah. Jangan lupa siapkan camera termaiknya agar setiap moment bisa sobat semua abadikan.

2. Pantai Congot

Spot yang KEDUA adalah Panati Congot. Spot wisata ini baru dalam proses pembangunan, agar lebih menarik. Tidak jauh berbeda dengan Pantai Glagah Indah, sobat semua bisa mengunjungi objek wisata yang satu ini, karena letaknya yang sangat berdekatan. Sehingga sayang untuk dilewatkan. Di Pantai congot sobat semua bisa menikmati nuansa keindahan pantai yang berbeda, dengan ICON Jembatan MERAHnya yang sangat ciamik. Jajanan ringan dengan harga terjangkau juga disediakan di sini. Parkir luas.

Pantai Congot terletak di Desa Jangkaran, Kapanewon Temon, Kulon Progo. Pantai Congot berjarak sekitar 6,5 km dari Bandara Yogyakarta International Yogyakarta (YIA) dan berjarak sekitar 15 km dari pusat Kota Wates.

Untuk menikmati keindahan Pantai Congot, pengunjung dikenakan biaya masuk sekitar Rp 3.000,- dan biaya parkir sesuai dengan jenis kendaraannya. Untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp2.000,- saja, sedangkan mobil Rp. 5000,-.

3. Wisata Bendungan Sermo

Lanjut untuk spot berikutnya adalah wisata Bendungan Sermo. Lokoasinya ada di daerah hargowilis, Kokap. Apa yang menarik dengan waduk sermo?  Bendungan Sermo merupakan salah satu bendungan di sudut Bukit Menoreh seluas 157 hektar dan terletak di Dusun Sermo, Hargowilis, Kapanewon Kokap, Kulon Progo. Waduk Sermo terletak di antara dua bukit dan dikelilingi banyak pepohonan serta terdapat cagar alam atau hutan wisata yang membuatnya terlihat hijau dan sejuk serta cocok untuk menghilangkan penat sejenak dari hiruk pikuk kota.

Dari Pantai congot sobat semu bisa menempuh ke lokasi ini dalam waktu sekitar 35 menit dengan jarak tempuh sekitar 18 km. Bendungan Sermo tidak hanya berfungsi sebagai sumber air PDAM bagi masyarakat sekitar Kulon Progo tetapi juga sebagai salah satu destinasi wisata di Yogyakarta. Bagi sobat semua yang berkunjung di tempat ini dikenai biaya masuk Rp 5.000,- dan jika ingin camping ditambah Rp 15.000,-

Di bendungan Sermo juga disediakan wisata perahu. Para pengunjung dapat berkeliling bendungan sambil menikmati keindahan alam waduk sermo yang sangat indah dan Asri.

4. Tebing Gunung Gajah.

Setelah dari Bendungan Sermo, maka spot wisata selanjutnya yang sobat kunjungi adalah Tebing Gunung Gajah. Tebing Gunung Gajah ada di Dusun Tegaring II, Desa Hargotirto, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulonprogo. Sebenarnya, objek wisata satu ini berada di perbatasan antara Kabupaten Kulonprogo itu sendiri dengan dengan Kabupaten Purworejo di Jawa Tengah.

Tebing Gunung Gajah berada di ketinggian sekitar 900 mdpl. Luasnya sendiri hanya sekitar 2 hektar. Meskipun masih terkategori sebagai objek wisata baru, namun harus diakui bahwa objek wisata ini cukup istimewa karena mempunyai daya tarik tersendiri

Selain dilengkapi dengan sejumlah spot foto dan berbagai wahana permainan, Tebing Gunung Gajah ini juga dilengkapi dengan sejumlah fasilitas, yang beberapa diantaranya seperti berikut ini: Area parkir yang luas, Tempat ibadah, Kafetaria, Toilet, Akses wifi gratis, Tempat isi ulang baterai gratis dan juga Jasa foto

Harga tiket masuk Rp 5.000,- per orang dengan biaya parkir motor Rp 3.000,- sedang mobil Rp 10.000,-

5. Ekowisata Sungai Mudal

Spot wisata ini tidak jauh dari tebing Gunung gajah, lokasinya sekitar 3 km ke arah Timur. Ekowisata Sungai Mudal merupakan objek wisata air  yang terletak di Banyunganti, Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo. Wisata alam ini menawarkan kesegaran mata air sungai Mudal di kolam pemandian alami yang jernih airnya. Bahkan, dasar kolamnya kelihatan jelas.

Selain itu, destinasi wisata ini juga dilengkapi dengan air terjun yang mengalir sampai ke kolam, area camping, outbound, hingga pendopo yang bisa disewa untuk berbagai acara.

iket masuknya relatif murah, hanya Rp 10.000 per orang, dengan area parkir yang cukup luas. Biaya parkir normal, sepeda motor Rp 2.000,- dan untuk mobil Rp 5.000,-

6. Kebun Teh Nglinggo

Wisata kebun teh ini berada di lokasi Dusun Nglinggo, Desa Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Provinsi DIY. Secara posisi, kebun teh ini ada di sisi Barat Yogyakarta, tepat di ujung kawasan perbukitan Menoreh. Lokasi ini berada di tengah baik dari Yogyakarta maupun dari Magelang.

Hawanya yang sejuk dengan suasana pedesaan yang masih asri dan panorama gunung-gunung yang indah, membuat tempat ini jadi destinasi wisata incaran saat ke Jogja.

Untuk memasuki Desa Wisata Nglinggo Anda tak perlu merogoh kantong terlalu dalam. Harga tiketnya sangat murah, yaitu Rp 2.000 untuk biaya retribusi dan Rp 3.000 untuk jasa lingkungan. Ini berarti dengan uang Rp 5.000 rupiah saja Anda sudah bisa masuk ke kawasan wisata ini.

Selain tiket ada biaya parkir untuk kendaraan bermotor, yaitu Rp 5.000 per unit untuk mobil dan Rp 2.000 per unit untuk sepeda motor. Tetapi bila Anda ingin menikmati pemandangan di Bukit Ngisis, Anda akan dikenai biaya lagi. Tenang, tarifnya sangat terjangkau, yaitu hanya Rp 10.000.

Sederet fasilitas tersedia di wisata kebun teh. Fasilitas umum yang dapat dijumpai antara lain area parkir, kamar mandi plus toilet, dan mushola. Beberapa warung wisata dengan menu makanan khas Jogja juga terlihat di area wisata ini. Selain itu, masih banyak fasilitas penunjang lain yang bisa Anda temukan serta manfaatkan di sini, berikut daftarnya: Spot foto yang Instagenic, Kedai minuman (teh dan kopi), Penginapan dan juga Jeep.

Untuk wisata yang satu ini, jadwal bukanya dari Senin hingga Minggu. Dengan jam operasionalnya yang aktif dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB.

Selamat berlibur and...Sehaat selalu....!!!!

Related Post:

  1. Eksplore Kota Tua: Bandung
  2. Kabut Kintamani Bali
  3. Udah Tahu gaess... telaga Cebong??
  4. Bagaimana Road Trip Kita Aman??
  5. Pesona Wadaslindan & Taman Padegolan
  6. Tol Kayangan... Ciamik Habiizz


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuuk... Ngetrip di Kulon Progo!!!

Oleh Winarto Sobat semua yang gokil abiiz... yuk wisata dan ngetrip di Kulon Progo!!!! Destinasi wiasata alamnya okey lhoh.... indah dan m...