Welcome to my blog

Thanks sobat... atas kunjuangannya di:"Kembali Piknik"....catatan kecil perjalanan traveling & touring kami ... melihat lebih dekat pesona keindahan alam ....!!!!

Minggu, 09 Juli 2023

Eksplore Kota Tua Bandung

Oleh: Winarto

Ini adalah pertama kali kami menginjakkan kaki di kota tua Bandung. Dulu pernah datang ke sni bersama rombongan teman-teman seangkatan jurdik Akuntansi FPIPS IKIP Yogyakarta, di tahun 90an, kala itu. Ternyata suasana dan panorama keindahan kota Bandung semakin ciamik. Kepadatan kota Bandung semakin nampak disela-sela perjalanan kami dari atas kereta api Lodaya. Pertma kali kami turun di stasiun utama kota Bandung kami agak sedikit bingung. Maklum ini baru pertama kali. Kuncinya kami hanya mengikuti arus ke mana para penumpang kereta bergerak.

Dan ternyata untuk menuju ke pintu keluar stasiun jarus melalui jalan memutar, naik ke atas via lift dan turun kembali via lift pula. Sangat mengasyikan. Belum ada pikirian mau ke mana kami akan pergi. Mengingat waktu itu hari sudah sore sekita pukul 15.30 WIB sampai kota Bandung, dan kami sudah memesan penginapan ala kadarnya via aplikasi. Rencana awal dari stasiun kami akan jalan kaki menuju penginapan, mengingat penginapan yang kami pesan hanya seputaran stasiun.

Di pintu stasiun kami sudah ditawari banyak jasa angkutan utamanya dari taksi, yang siap mengantar kemanapun kami pergi, tentunya dengan harga tertentu. Kami tidak menghiraukan sama sekali, lha wong kami dah berniat untuk jalan kaki. Namun tanpa disangka-sangka habis dari pintu stasiun ada seorang bapak-bapak paruh baya menawarkan jasanya untuk siap antar sampai ke penginapan dengan harga cukup Rp 25.000,- dua orang. Pikiran kami langsung berubah ...kok murah banget dan akhirnya lkami ambilah itu transportasi.

Selama perjalanan menuju penginapan kami banyak ngobrol dengan bapak sopir taksi online ini. Bapak Nazar namanya. Seorang bapak sopir taksi yang telah lama ditinggal istrinya karena penyakit jantung. Orangnya sangat supel ramah sekali. Disela-sela obrolan bapaknya menawarkan paket jalan-jalan maam mengelilingi kota Bandung dengan harga yang cukup terjangkau. Kami pun memutuskan untuk mengambilnya. Sehingga dari rencana awal ingin istirahat menjadi berubah, eksplore kota Bandung.

Setelah barang-barang kami turunkan di penginapan kami langsung mandi dan sholat Ashar (walaupun agak terlambat). Selanjutnya kami akan menelusuri sebagian dari spot menarik di kota Bandung. Rencana yang akan kami tuju adalah Masjid Al Jabbar, dan menikmati Alun-Alun Bandung dan Braga, yang konon disebut sebagai Malioboronya Kota Bandung.

Dari penginapan kami, D’Sovia Hotel di pusat kota Bandung sampai dengan Masjid Al Jabbar ternyata masih cukup jauh. Namun no problem semua kami nikmati sambil melihat suasana kota Bandung di sore dan malam hari. Selama perjalanan menuju ke Masjid Al Jabbar kami menyempatkan makan di kaki lima atau street food nya kota Bandung, ayam goreng. Harga lumayan terjangkau lah gaess....

Setelah sekitar satu setengah jam perjalanan dari pusat kta Bandung, maka tibalah di Masjid Al Jabbar Bandung. Lokasi masjid sangat luas dengan nuansa bangunan bergaya arsitektur timur tengah. Konon masjid tersebut diarsiteki oleh Gubernur Jawa Barat Bpk Ridwan Kamil. Bangunan masjid dikelilingi oleh kolam yang sangat luas, sehingga bila sepintas dilihat Masjid seperti berada di tengah-tengah danau. Hingga saat ini Masjid Al Jabbar ini ramai dikunjungi oleh para wisatawan khusunya wisata religi sambil menikmati kemegahan masjid yang sedang viral ini.

Tiba di masjid jelas sudah malam, menjelang Isya, sehingga kami menyempatkan untuk sholat isya berjamaah di masjid ini. Jamaah sangat luar biasa padatnya, khusuny oleh para pengunjung. Untuk kenyamanan sobat semua, sebaiknya sobat semua jangan lupa membawa plastik atau tas tempat menaruh sandal atau sepatu, agar tidak tertukar.

Puas dengan eksplorasi masjid maka kami lanjut kembali ke kota Bandung melihat suasana alun-alun Bandung dan Braga. Suasana malam hari sangat ramai, dipenuhi oleh para pengunjung yang ingin melihat leih dekat suasana Baraga di malam hari. Kota semakin ciamik dengan dilengkapi oleh para seniman jalanan yang menampilkan berbagai atraksi yang sangat menarik sobat semua dapat mengabadikan moment ini, karena sangat sayang untuk dilewatkan.

Selanjutnya jangan lupa sobat semua mencoba kuliner malam di kota Bandung. Di sepanjang jalan braga para pedagang makanan dan minuman ramai menjajakan barang dagangannya, menambah kota Bandung semakin hiruk pikuk, inad dan ciamik untuk dinikmati.

Tertarik untu eksplore Kota Bandung.... Anda TIDAK Salah... segeralah...yuukkk....!!!!!!!

Related Post:

  1. Sensasi KA Lodaya Wates Bandung
  2. Kabut Kintamani Bali
  3. Udah Tahu gaess... telaga Cebong??
  4. Bagaimana Road Trip Kita Aman??
  5. Pesona Wadaslindan & Taman Padegolan
  6. Tol Kayangan... Ciamik Habiizz


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuuk... Ngetrip di Kulon Progo!!!

Oleh Winarto Sobat semua yang gokil abiiz... yuk wisata dan ngetrip di Kulon Progo!!!! Destinasi wiasata alamnya okey lhoh.... indah dan m...