Welcome to my blog

Thanks sobat... atas kunjuangannya di:"Kembali Piknik"....catatan kecil perjalanan traveling & touring kami ... melihat lebih dekat pesona keindahan alam ....!!!!

Kamis, 10 Oktober 2024

Pesona Wisata Telaga Menjer

Oleh: Wineto
Wonosobo tidak lepas dari keindahan wisata alamnya. Salah satunya adalah Wisata Alam telaga Menjer. Sobat semua... ada yang tahu tentang Telaga Menjer di Dieng Wonosobo ini? Telaga Menjer merupakan telaga alami terluas di Kawasan Geopark Dieng. Telaga Menjer terletak di Desa Maron, Kecamatan Garung dan berjarak 8 kilometer dari pusat perkotaan Wonosobo. Keindahan alamnya sangat menawan, yang membuat para wisatawan betah untuk nyantai di spot wisata ini.
Perlu kami sampaikan bahwa Telaga Menjer ini berada pada ketinggian 1.300 meter di atas permukaan laut, sehingga memberikan effek udara yang sangat sejuk. Telaga ini memiliki area dengan luas sekitar 70 hektar dan berada pada kedalaman air mencapai 50 meter. Bagaimana dengan sejarah terbentuknya telaga ini sobat semua? Menurut catatan sejarah, Telaga Menjer ini terbentuk akibat dari letusan vulkanik di kaki Gunung Pakuwaja yang dulunya merupakan gunung berapi aktif. Selanjutnya akibat dari letusan tersebut membentuk cekungan yang sangat besar, luas dan dalam. Cekungan tersebut terisi air dan membentuk telaga yang seperti sekarang dapat kita nikmati keindahannya. Kenampakan pemandangan Telaga Menjer dari ketinggian sekitarnya yang berbentuk menyerupai mangkuk dengan perbukitan sekitar yang mengelilinginya.
Saat ini, Telaga Menjer bukan hanya menjadi tempat wisata populer di Wonosobo, tetapi juga digunakan sebagai sumber energi pembangkit listrik tenaga air (PLTA) di Garung. Meskipun terdapat PLTA, keindahan danau tersebut tetap terjaga dengan baik dan dapat dinikmati oleh pengunjung. Terdapat sejumlah aktivitas pariwisata yang dapat dilakukan di Telaga Menjer di antaranya seperti mengamati pemandangan, jalan-jalan (trecking), memancing, menikmati sunrise, fotografi, dan menaiki perahu wisata.
Harga tiket masuk Telaga Menjer yaitu Rp.5000,- saja, murah bukan?. Selain itu, untuk turis mancanegara dikenakan biaya masuk sebesar Rp. 10.000. Sedangkan tiket parkirnya yaitu sebesar Rp.3000,- untuk motor dan Rp.5000,- untuk mobil. Kemudian bagi pengunjung yang ingin berkeliling wisata Menjer menggunakan perahu bisa membayar sebesar Rp. 15.000 per orang dengan kapasitas 8 orang penumpang.
Pesona Gunung Sindoro yang menjulang megah melengkapi kecantikan Telaga Menjer. Para pengunjung dapat menikmati udara segar dan keindahan alam di sekitar telaga. Selain hal tersebut para pengunjung juga dapat menikmati kuliner yang ada di pinggir telaga, dengan panorama keindahan telaga yang khas. Spot-spot menawan untuk berswafoto juga melimpah, menambah kesan indah perjalanan wisata. So... mau apalagi... segera kunjungi Telaga Menjer yang ciamik habis....see  You...!!!!


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuuk... Ngetrip di Kulon Progo!!!

Oleh Winarto Sobat semua yang gokil abiiz... yuk wisata dan ngetrip di Kulon Progo!!!! Destinasi wiasata alamnya okey lhoh.... indah dan m...