Welcome to my blog

Thanks sobat... atas kunjuangannya di:"Kembali Piknik"....catatan kecil perjalanan traveling & touring kami ... melihat lebih dekat pesona keindahan alam ....!!!!

Kamis, 10 Oktober 2024

Rute Bukit Cinta ke Pasir Berbisik

Oleh: Winarto
Setelah puas meikmati SUNRISE pada spot2x strategis kemudian dilanjutkan dengan wisata ke pasis berbisik. Perjalanan dari Bukit Cinta menuju Pasir Berbisik di kawasan Gunung Bromo merupakan petualangan sangat menarik. Mengapa demikian? Karena lintasan yang kita lalui menyajikan panporama keindahan alam yang sangat luar biasa. Kita akan diajak melintasi lanskap khas Bromo, seperti perbukitan yang hijau, jalan berkelok dengan pantulan mentari pagi yang hangat. Selanjutnya kita akan dibawa ke lautan pasir yang indah dengan suara khasnya seperti bisikan manusia. Itulah mengapa disebut dengan pasir berbisik. Berikut penjelasan mengenai kondisi rute dan perjalanan dari salah satu spot sunrise Bukit Cinta menuju Pasir Berbisik:
1. Bukit Cinta (Love Hill)
Untuk mncapai lokasi ini diperlukan perjuangan yang kuat. Transaportasinya dengan menggunakan Jeep, yang telah disediakan oleh agen wisata. Sobat semua harus datang lebih awal sekitar jam 03.00 pagi, agar kita bisa mencapai lokasi lebih awal. Bukit Cinta adalah salah satu spot terbaik untuk menikmati panorama Gunung Bromo, terutama untuk melihat matahari terbit. Di musim liburan, sudah dipastikan tempat ini ramai dengan para wisatawan. Di sepanjang jalan, khususnya sekitar Bukit Cinta dapat kita temukan banyak penjual, yang menjajakan aneka minuman dan camilan, kopi pasana, teh panas dan lain sebagainya. Mushola, dan kamar mandi juga banyak tersedia di lokasi ini. Jadi sobat semua tidak perlu khawatir. Dari sini, Sopt Bukit Cinta Kita bisa melihat mengeksplore keindahan Gunung Bromo, Gunung Batok, dan Gunung Semeru dengan jelas. So... siapakan kamera terbaik kamu untuk mengabadikan moment yang indah ini.
Bukit Cinta berada di area Penanjakan, sedikit lebih rendah dari Penanjakan 1 dan Bukit Kingkong. Ini adalah salah satu lokasi yang lebih sepi dan memberikan suasana romantis, sering dikunjungi oleh pasangan.

2. Rute Menuju Pasir Berbisik
Setelah menikmati pemandangan dari Bukit Cinta, kamu dapat melanjutkan perjalanan menuju Pasir Berbisik, yang berjarak sekitar 20-30 menit dengan jeep atau motor, tergantung kondisi jalan dan kecepatan kendaraan. Perjalanan betul-betul sangat menaring dengan iring-iringan jeep wisata yang sangat keren. Dimulai dengan menuruni Bukit Cinta melalui jalur berbatu yang menurun kita akan dibawa berselancar menikmati keindahan alam yang sangat luar biasa. Jalur ini mengarah ke Lautan Pasir, yang merupakan area datar yang sangat luas dan penuh dengan pasir vulkanik.
Setelah melewati area berbatu di sekitar Bukit Cinta, rute akan menjadi datar ketika memasuki kawasan Lautan Pasir. Medan di lautan pasir adalah berpasir halus dan bisa menjadi cukup sulit dilalui jika tidak menggunakan kendaraan yang tepat, seperti jeep 4x4 atau sepeda motor trail. Sepeda motor biasa akan kesulitan di medan ini karena pasirnya yang dalam dan bisa menyebabkan ban tergelincir.

3. Pemandangan Alam:
Dalam perjalanan menuju Pasir Berbisik, kita akan melewati pemandangan alam yang sangat spektakuler dari Gunung Batok di sebelah kiri dan Gunung Bromo di kejauhan. Pasir vulkanik hitam yang membentang luas di depanmu menciptakan pemandangan yang dramatis dan indah. Di sepanjang jalan, kita akan melihat beberapa jeep dan kuda yang digunakan oleh wisatawan lain untuk berkeliling.

4. Akses dan Kendaraan:
Akses menuju lokasi pasir berbisik umumnya menggunakan kendaraan Jeep 4x4: Kendaraan yang paling umum digunakan untuk perjalanan di kawasan Bromo, terutama di medan berpasir. Jeep 4x4 ini bisa disewa dari Bukit Cinta atau sebelumnya dari titik-titik utama di Bromo. Alternatif lain adalah menunggang kuda yang bisa disewa di sekitar lautan pasir. Kuda ini sering digunakan oleh wisatawan yang ingin menikmati suasana sambil mengelilingi kawasan pasir.
Jika kita lebih suka trekking, perjalanan dari Bukit Cinta menuju Pasir Berbisik juga bisa dilakukan dengan berjalan kaki, namun medan pasir bisa menjadi tantangan fisik karena pasir yang tebal dan angin yang kadang berdebu.

5. Pahami Kondisi Cuaca dan Lingkungan:
Di Lautan Pasir, angin bisa berhembus cukup kencang dan membawa pasir halus, yang menciptakan efek suara "berbisik" yang unik, terutama di area Pasir Berbisik. Selain hal tersebut, jika musim kemau atau cuaca lagi kering sudah pasti debu gurun pasir dapat menyebabkan perjalan kita menjadi kurang nyman. Oleh karena itu, disarankan untuk membawa masker dan kacamata untuk melindungi diri dari debu pasir.
Suhu di kawasan Bromo pada siang hari bisa menjadi panas, terutama saat matahari bersinar terik. Namun, di pagi dan sore hari, suhu bisa turun drastis, jadi pastikan untuk berpakaian dengan baik.

6. Berapa Lama Durasi Perjalanan ke Pasir Berbisik?
Dengan jeep, perjalanan dari Bukit Cinta ke Pasir Berbisik memakan waktu sekitar 20-30 menit, tergantung kondisi jalan dan cuaca. Jika kamu berjalan kaki, perjalanan bisa memakan waktu lebih lama, sekitar 1-1,5 jam, tergantung kecepatan berjalan dan kondisi fisik.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Yuuk... Ngetrip di Kulon Progo!!!

Oleh Winarto Sobat semua yang gokil abiiz... yuk wisata dan ngetrip di Kulon Progo!!!! Destinasi wiasata alamnya okey lhoh.... indah dan m...